Salah satu strategi pemasaran yang dianggap paling ampuh meningkatkan penjualan dan brand awareness adalah memasang iklan di Google Ads. Anda ingin membuat iklan di Google Ads tapi masih belum kebayang sama gimana, sih, bentuk Google Ads yang sudah terpasang? Dengan memperhatikan contoh iklan Google Ads, Anda akan mendapatkan gambaran tentang bagaimana iklan Anda akan ditampilkan di Google Ads.
Pengertian Google Ads
Sudahkah Anda familiar dengan Google Ads? Kalau belum, say no worry. Di sini Anda akan belajar iklan Google Ads dari nol. Biar makin paham, pengertian dari Google Ads adalah layanan iklan berbayar yang disediakan oleh Google. Dengan Google Ads, Anda bisa membuat iklan digital untuk menjangkau audiens yang tepat bagi bisnis Anda.
Memasang Google iklan ads adalah salah satu cara agar produk atau jasa yang Anda tawarkan mendapatkan lebih banyak calon pembeli. Pada dasarnya, Google membagi iklannya menjadi tiga bagian, yaitu Google Adwords, Google Adsense, dan Google Admob. Ketiganya memiliki kegunaannya masing-masing dan saling berkesinambungan. Untuk lebih lengkapnya, simak ulasannya berikut ini.
Baca juga: Google Adsense Adalah Platform Iklan yang Cocok untuk Bisnis
Budget Ads mahal, belum untung juga?
Mending join Ginee Ads sekarang! Lebih hemat, iklan gampang, analisis iklan juga lengkap!
Kegunaan Google Ads Bagi Bisins
Menggunakan Google Ads bukanlah hanya sekedar mengiklankan produk agar banyak dilihat orang. Namun, ada lagi, nih, kegunaan lainnya dari Google Ads bagi kelangsungan bisnis Anda. Berikut adalah kegunaan Google Ads.
Penargetan Iklan yang Tepat
Salah satu privilege yang bisa Anda dapatkan ketika beriklan di Google Ads adalah mendapatkan penargetan audiens iklan yang tepat. Google Ads hanya akan ditampilkan kepada orang-orang yang memiliki relevansi tinggi terhadap iklan Anda. Jadi, kemungkinan orang-orang yang melihat iklan Anda melakukan tindakan seperti mengklik iklan atau melakukan pembelian akan semakin besar.
Kontrol Budget Iklan yang Mudah
Beriklan di Google Ads berarti Anda bisa mengatur anggaran iklan sesuai dengan kebutuhan Anda. Google tidak memberikan batas minimum untuk Anda mengatur pengeluaran iklan, jadi, Anda bisa sesuka hati mengeluarkan budget untuk pemasangan iklan Anda di Google Ads
Bebas Pilih Layanan Iklan
Layanan iklan Google Ads terdiri dari Iklan Google Adwords, Google Ads, dan Google Admob. Anda yang ingin beriklan di Google Ads bisa menyesuaikan layanan iklan yang Anda ingin gunakan.
Kegunaan Google Adwords adalah memberikan fasilitas berupa mengiklankan bisnis Anda di berbagai platform yang bekerja sama dengan Google dan mendukung iklan Adwords. Sistem pembayaran Adwords adalah menggunakan PPC atau Pay Per Click. Contoh iklan PPC yang menggunakan Google Adwords adalah ketika ada audiens yang mengklik iklan Anda, maka disaat itulah Anda harus membayar. Contoh situs yang menerapkan Google Adwords adalah
Ada pula layanan Adsense. Layanan ini bukan hanya menguntungkan bagi pebisnis saja, lho, tapi bagi pemilik website yang menjadi user Adsense juga bakal diberikan keuntungan. Contoh iklan Adsense adalah iklan yang biasa Anda lihat di YouTube. Nah, untuk beriklan di YouTube dapat menggunakan tipe iklan Google Adsense untuk monetisasi YouTube Anda atau memasang iklan di YouTube Ads untuk mengiklankan bisnis Anda.
Baca juga: Tutorial Daftar Google Adsense Youtube Paling Update
Selanjutnya ada layanan Google Admob yang bisa Anda gunakan untuk mengiklankan bisnis Anda. Jenis Google Ads yangs satu ini sebenarnya mirip dengan Google Adwords. Bedanya, Admob dikhususkan untuk iklan yang ditampilkan pada ponsel.
Ada pula beberapa contoh situs yang menerapkan Google Adwords, seperti Ginee Omnichannel. Untuk mengiklankan produknya, Ginee menggunakan Google Adwords agar muncul di pencarian Google ketika ada pengguna yang mencari kata kunci tertentu.
Udah jualan, masih kurang laku?
Pasti belum pakai Ginee Ads! Padahal Ginee Ads bisa bantu handle iklan kamu di platform yang beda-beda sekaligus, lho!
Apa Saja yang Termasuk Jenis-Jenis Google Ads Beserta Contohnya?
Dalam mengiklankan bisnis Anda di Google Ads, ada beberapa jenis Google Ads yang perlu Anda ketahui. Yuk, simak jenis dan contoh Google Ads berikut ini.
Google Ads Text
Jenis iklan Google Ads Text adalah jenis iklan yang berbentuk teks. Jenis iklan ini akan muncul pada pencarian Google. Isinya berupa link dari landing page pengiklan beserta judul serta deskripsi singkat dari iklan.
Untuk menggunakan tipe iklan ini, pengiklan harus memberikan judul dan deskripsi yang bisa menarik perhatian siapapun yang membacanya agar banyak audiens yang mau mengklik iklan Anda. Contoh iklan Adwords berbentuk baris adalah iklan yang muncul di halaman pencarian Google. Jelasnya, bisa dilihat pada gambar di atas.
Kelebihan iklan Google search ads adalah iklan Anda bisa ditampilkan paling atas di halaman pertama mesin pencari Google. Dengan optimasi kata kunci yang mumpuni, iklan Anda bakal sering muncul di halaman pencarian Google.
Google Display Network
Iklan gambar dari Google Ads biasanya muncul pada situs-situs yang sudah menjalin partnership bersama Google. Iklan ini biasanya menampilkan produk atau jasa secara visual di website para mitra Google Adsense. Untuk menggunakan jenis iklan ini, Anda bisa menyesuaikan ukuran gambarnya sesuai dengan penempatan iklan.
Jenis Ads App Install
Contoh iklan Google Ads yang selanjutnya adalah iklan promosi aplikasi yang target iklannya biasanya app install. Iklan ini hanya akan muncul ketika situs web dibuka dari browser HP. Layanan iklan yang bisa Anda gunakan untuk iklan ini adalah Google Admob.
Tipe Iklan Video
Jenis iklan yang satu ini akan muncul di situs-situs yang bekerja sama dengan Google dan YouTube. Untuk memasang iklan Anda dalam bentuk video, Anda bisa meg-uploadnya terlebih dahulu di YouTube dan ikuti cara memasang iklan di YouTube sesuai dengan langkah-langkah yang disediakan. Durasi video iklan bisa berkisar antara 8-15 detik atau bisa pula hingga 3 menit.
Iklan Shopping atau Produk
Iklan jenis ini bisa muncul di hasil pencarian Google. Iklan ini biasanya akan menampilkan nama produk dan link yang bisa diklik yangs selanjutnya akan mengalihkan audiens ke website jual beli online agar pengunjung bisa langsung berbelanja.
Bagaimana Cara Memasang Google Ads?
Google Ads merupakan sarana beriklan untuk para pebisnis agar bisnisnya mampu menjangkau calon pembeli lebih banyak demi mencapai bisnis yang makin cuan. Penasaran sama cara membuat iklan di Google Ads? Simak langkah-langkahnya di bawah ini, yuk!
- Daftarkan diri Anda di Google Ads dengan mengklik “Mulai Sekarang” di website Google Ads.
- Tentukan tujuan iklan Anda dengan mengklik salah satu objektif yang ditampilkan, lalu klik “Continue”.
- Pilih jenis campaign atau jenis iklan sesuai kebutuhan Anda.
- Atur campaign Anda dengan memberikan nama atau mengedit jenis campaign yang telah Anda pilih.
- Lakukan penargetan dan segmen audiens. Apakah Anda mau memilih segmen audiens “Observation” atau “Targeting”.
- Atur Budget dan Bidding Anda. Tentukan berapa anggaran yang Anda ingin keluarkan untuk beriklan dan tentukan pula berapa banyak bayaran yang Anda tawarkan pada strategi bidding.
- Tambahkan Ad Extensions atau informasi lain mengenai bisnis Anda seperti nomor telepon, akun sosial media Anda, alamat email, dan lain sebagainya.
- Selanjutnya, masukkan kata kunci yang relevan dengan produk atau layanan Anda dan memiliki volume tinggi atau banyak dicari orang-orang.
- Isilah komponen-komponen yang diperlukan untuk tampilan iklan Anda, seperti Headline, URL landing page, Display path, dan komponen lainnya.
- Lengkapi proses pembayaran dengan cara memilih metode pembayaran dengan kartu kredit/debit. Cara iklan di Google Ads gratis mungkin saja untuk dilakukan jika Anda memiliki voucher yang bisa ditukarkan. Anda bisa memasukkan kode voucher pada kotak “Promotional Code”.
- Jika pembayaran sudah selesai, maka iklan Anda siap untuk ditampilkan.
Keluar budget Ads, olshop gak dilirik?
Sayang banget! Mending sama Ginee Ads, bisa beriklan di manapun, ngurusnya easy, dijamin ada laporannya!
Berapa Biaya Memasang Google Ads dan Bagaimana Cara Menghitungnya?
Untuk bisa menentukan biaya memasang iklan di Google Ads, Anda perlu mengetahui cara menghitungnya terlebih dahulu agar pengeluaran anggaran Anda untuk beriklan tidak membengkak. Cara menghitung biaya Google Ads bisa dilakukan dengan rumus, yaitu:
Perkiraan anggaran = volume pencarian bulanan x biaya per klik x ekspektasi CTR.
Pertama-tama Anda harus menentukan kata kunci terlebih dahulu. Contoh, untuk kata kunci “hijab instan” katakanlah CPC-nya adalah Rp. 1.319,16, volume pencarian bulanannya adalah Rp. 27.100, dan ekspektasi CTR-nya adalah 10%. Maka, untuk menghitung estimasi anggaran iklan, Anda bisa menghitungnya dengan 27.100 x 1.319,16 x 10% = 3.574.924.
Jadi, berdasarkan perhitungan biaya di atas, estimasi anggaran yang perlu Anda keluarkan per bulan adalah Rp. 3.574.924. Untuk per-harinya, Anda bisa menyiapkan dana sebanyak Rp. 119.164.
Baca juga: Rahasia Hitung Biaya Google Ads Terbongkar, Begini Caranya!
Seperti itulah kira-kira beberapa aspek dari Google Ads yang perlu Anda ketahui untuk memasang iklan di Google. Keuntungan yang Anda dapatkan ketika beriklan di Google Ads itu banyak banget, mengingat masyarakat Indonesia yang menggunakan mesin pencari Google ada lebih dari ratusan juta pengguna. Jadi, sudahkah Anda minat pasang iklan di Google Ads?
Ginee Ads
Performa iklan yang Anda pasang di berbagai platform digital seperti Google Ads, Instagram Ads, atau Facebook Ads bakal terjamin efektivitasnya kalau Anda bisa menggunakan tools iklan tambahan dari Ginee Ads. Bersama Ginee Ads, Anda akan mendapatkan layanan pemasaran digital yang akan menganalisis target konsumen dengan cerdas!
Ginee Ads juga bakal membuatkan Anda pembuatan iklan multi-platform yang mudah biar penjualan dan brand awareness makin gampang untuk meningkat. Yuk, gak usah ragu lagi, hubungi Ginee Ads sekarang untuk kinerja iklan yang lebih mantap!
Banyak beriklan di mana-mana malah pusing sendiri?
Aman, Ginee Ads solusinya! Kamu bisa atur iklan di Facebook, Instagram, Google, marketplace Ads, dan lainnya sama Ginee. Lebih efisien, bisa nentuin strategi iklan yang baik, gak ribet!