Beriklan di platform digital seperti Google Ads menjadi salah satu strategi sukses untuk meningkatkan penjualan dan brand awareness. Iklan dengan Google Ads sebenarnya mirip dengan cara beriklan di Instagram Ads ataupun Facebook Ads. Platform-platform iklan tersebut adalah layanan iklan berbayar yang memungut biaya dari pengiklan. Perhitungan biaya Google Ads bisa dibilang sangat efisien, lho, karena bisa menyesuaikan budget Anda.

Sebenarnya, biaya iklan di Google Ads tidak bisa ditentukan secara mutlak, seperti per iklan Anda harus selalu membayar Rp. 200.000. Google Ads cenderung memberikan keleluasaan kepada pengiklan untuk menentukan berapa banyak yang ingin dibayarkan. Sebelum menelaah lebih jauh tentang biaya iklan Google Ads, kenalan dulu, yuk, sama Google Ads.

Baca juga: Facebook Ads Adalah Kunci Cuan Bisnis Online! Wajib Tahu!

Apa Itu Google Ads?

Sebagai seorang pebisnis yang sering beriklan, pasti Anda sudah familiar banget, ya, sama Google Ads dan platform digital iklan lainnya.Bagi Anda yang belum tahu Google Ads, Google Ads adalah layanan iklan berbayar online yang disediakan oleh Google. Jadi, kalau Anda bertanya apakah Google Ads berbayar, tentu saja berbayar, ya. Untuk bisa memasang iklan di Google Ads, ada sejumlah uang yang perlu Anda bayarkan.

Dengan menggunakan Google Ads, Anda bisa membuat iklan dan menampilkannya secara online guna menjangkau orang-orang yang sudah Anda targetkan. Iklan Anda akan ditampilkan kepada orang-orang tepat pada saat mereka memiliki minat yang tinggi pada produk dan layanan yang Anda sediakan.

Selain Google Ads, ada pula layanan iklan Google Adsense. Mirip dengan Google Ads, tapi Google Adsense bisa menguntungkan juga bagi pemilik website yang dipasangkan iklan oleh Google dan pengiklan yang memasang iklan di Google. Menarik banget, ya?

Baca juga: Baru dan Lengkap! Cara Daftar Google Adsense, Syarat, Tips

Keluar budget Ads, olshop gak dilirik?

Sayang banget! Mending sama Ginee Ads, bisa beriklan di manapun, ngurusnya easy, dijamin ada laporannya!

Bagaimana Cara Iklan di Google Ads?

Google Ads adalah tools iklan yang bisa Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis, membantu Anda menjual produk, bahkan meningkatkan brand awareness. Nah, kalau Anda ingin menggunakan Google Ads, ada beberapa langkah yang harus Anda tempuh, nih. Apa saja? Yuk, simak!

Daftar Google Ads

Langkah pertama dalam pembuatan iklan di Google Ads adalah mendaftarkan diri Anda di Google Ads. Anda bisa mengunjungi website Google Ads dan mengklik “Mulai Sekarang”.

Tentukan Tujuan Iklan

Ada beberapa tujuan campaign yang disediakan oleh Google Ads. Tentukan objektif dari iklan Anda sesuai dengan tujuan yang Anda ingin capai. Klik tujuan iklan yang disediakan, kalau sudah, klik “Continue”.

Pilih Jenis Campaign

Selanjutnya, Anda diharuskan untuk memilih campaign atas tujuan yang Anda pilih. Ada banyak jenis campaign yang bisa Anda pilih dan akan disesuaikan dengan tujuan iklan Anda. Jenis campaign terdiri dari Search Ads, Display Ads, Shopping Ads, Video Ads, dan Universal App Campaign. Kalau sudah memilih jenis campaign, klik “Continue”.

Atur Campaign

Anda akan diarahkan ke halaman pengaturan campaign. Beri nama untuk campaign Anda dan Anda juga bisa mengedit jenis campaign yang Anda sudah pilih jika Anda berubah pikiran.

Penargetan dan Segmen Audiens

Selanjutnya, Anda bisa memilih target lokasi sesuai dengan target pasar Anda dan bahasa yang Anda gunakan. Jika sudah, Anda bisa memilih segmen audiens yang direkomendasikan, yaitu “Observation” atau “Targeting”.

Anggaran dan Bidding

Pada bagian ini, silakan Anda tentukan anggaran harian Anda sesuai dengan budget yang Anda sediakan untuk memasang iklan. Semakin besar biaya Google Ads yang Anda keluarkan, maka semakin besar juga kemungkinan tujuan iklan Anda tercapai. Dari menu inilah harga Google Ads bagi campaign Anda ditentukan.

Untuk Bidding, Anda bisa memilih sendiri harga iklan per klik yang Anda mau bayarkan atau Anda mempercayakan Google untuk memberikan Anda nilai per klik sesuai dengan tingkat kompetisi iklan di Google Ads.

Tambahkan Ad Extensions

Jika Anda ingin menambahkan jumlah klik yang lebih banyak, Anda bisa mencantumkan informasi mengenai bisnis Anda seperti nomor telepon, link sosial media, atau lainnya pada menu Ad Extensions. Jika sudah, klik “Save and Continue”.

Masukkan Kata Kunci

Bagian ini krusial banget dalam pemasangan iklan. Masukkan kata kunci yang sekiranya banyak dicari oleh orang-orang, tapi harus tetap relevan dengan bisnis Anda, ya. Kalau sudah, klik “Save and Continue” dan lanjutkan ke langkah berikutnya.

Stop boros beriklan sekarang!

Start pakai Ginee Ads biar iklanmu efektif dan penjualan meningkat! Ginee Ads serba bisa, kok, seputar iklan digital!

Buat Iklan

Isi komponen-komponen dari tampilan iklan Anda. Buatlah heading iklan yang mampu menarik perhatian calon pembeli agar banyak orang yang mengklik iklan Anda. Contoh iklan Google Ads yang akan ditampilkan di halaman pencarian Google juga akan terlihat preview-nya di bagian kanan.

Untuk performa iklan yang lebih mantap, Anda bisa memperhatikan kekuatan dari headline-headline yang Anda buat pada bagian “Ad Strength”. Kalau Ad strength sudah kuat, Anda bisa klik “Save and Continue”.

Lengkapi Pembayaran

Kalau iklan Anda sudah disetting dengan lengkap, kini saatnya Anda membayar. Isi informasi pembayaran yang dibutuhkan. Pilih metode pembayaran yang Anda kehendaki dan masukkan rincian pembayaran lainnya. Google Ads harga yang Anda bayarkan pada bagian ini sesuai dengan anggaran per hari yang telah Anda tentukan.

Google Ads gratis juga bukanlah hal yang tidak mungkin. Jika Anda memiliki kode promosi yang bisa iklan Anda menjadi gratis, silahkan masukkan pada kolom “Promotional Code” dengan kredit Google Ads yang Anda miliki.

Yang belum tahu apa itu kredit Google Ads, kredit adalah fasilitas Google Ads yang menyediakan iklan tambahan tanpa memungut biaya dari anggaran iklan Anda. Jika semua informasi sudah terisi, aktifkan tanda centang pada kotak Syarat dan Ketentuan, lalu klik “Submit”. Iklan Anda pun akan ditampilkan.

Mudah bukan? Kalau Anda kesulitan dalam proses membuat iklan Google Ads, Anda bisa coba untuk mendownload panduan Google Ads PDF biar makin paham dan solusi akan kesulitan Anda bisa segera ditemukan.

Berapa Biaya Google Ads?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, biaya pasang iklan di Google Adwords tidak dapat ditentukan secara mutlak, karena Google memberikan kebebasan bagi para pengiklan untuk menentukan biaya iklannya sendiri. Nantinya, harga Google Ads 2021 dari iklan yang Anda pasang akan tergantung pada jumlah klik yang ada pada campaign.

Meskipun demikian, Anda masih bisa, lho, menghitung berapa banyak uang yang harus Anda keluarkan untuk beriklan di Google Ads. Bagaimana cara menghitung biaya iklan di Google Adwords? Simak selengkapnya di bawah ini, ya!

Cara Menghitung Biaya Google Ads yang Benar

Untuk menghitung anggaran iklan Anda di Google Ads, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dan ada pula rumus menghitung biaya Google Ads. Simak ulasannya di bawah ini, ya!

Hal-hal yang Perlu Anda Perhatikan untuk Menghitung Biaya Google Ads

Sebelum Anda memulai iklan di Google Ads, hal terpenting adalah Anda sudah menentukan anggaran iklan yang akan Anda keluarkan. Untuk menentukan budget iklan Anda dengan benar dan tepat, perhatikanlah hal-hal penting berikut ini.

Pemilihan Kata Kunci

Kata kunci ini adalah hal yang penting banget dalam periklanan Google Ads. Pasalnya, setiap kata kunci memiliki harga per klik yang berbeda-beda. Semakin besar volume pencarian kata kuncinya, semakin mahal juga biaya yang harus Anda bayarkan.

Pencarian Kata Kunci

Intensitas dan relevansi dari pencarian kata kunci di mesin pencari Google juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap biaya Google Ads. Semakin banyak kata kunci yang Anda tentukan dicari oleh orang-orang di Google, maka semakin besar pula harga per klik yang harus Anda bayarkan nantinya.

Harga Per Klik

Sistem perhitungan biaya di Google Ads adalah dengan biaya per klik. Anda perlu menyiapkan harga per klik dari kata kunci yang disarankan oleh Google. Biar biaya yang dikeluarkan tidak melampaui budget Anda, gunakan tools yang mampu mencarikan keywords yang tepat bagi produk yang Anda jual. Misal, berdasarkan hasil penelusuran, kata kunci “totebag custom” memiliki CPC sebanyak Rp. 1.319,16

Ekspektasi CTR

Di tahap ini, biaya Google Ads juga masih belum bisa ditetapkan, karena Anda perlu melihat ekspektasi Click Through Rate sebagai perbandingan antara jumlah klik terhadap tayangan jumlah iklan yang Anda pasang. Jadi, ketika iklan yang tayang adalah 100 tapi yang melakukan klik hanya 10 orang, maka CTR-nya adalah (10/100) x 100 = 10%. Dengan begitu, Anda perlu mematok ekspektasi CTR sebesar 10%.

Cara Menghitung Biaya Google Ads

Lanjut ke langkah penghitungan biaya Google Ads. Rumusnya gampang, Anda hanya perlu menghitung perkiraan anggaran iklan = volume pencarian bulanan  x biaya per klik x ekspektasi CTR.

Contoh, untuk kata kunci “totebag custom” CPC-nya adalah Rp. 1.319,16, maka penghitungannya akan menjadi 27.100 x 1.319,16 x 10% = Rp. 3.574,924. Jadi, biaya Google Ads yang perlu Anda siapkan, adalah Rp. 3.574.924. Biaya tersebut adalah estimasi untuk biaya iklan per satu bulan, sementara untuk per hari-nya, Anda bisa menyiapkan sebanyak Rp. 119.164.

Keuntungan Menggunakan Google Ads untuk Mempromosikan Bisnis

Sudahkah Anda berkeinginan untuk beriklan di Google Ads? Tapi, apakah biaya Google Ads sebanding dengan keuntungan bisnis yang akan Anda dapatkan? Temukan jawabannya di tips Google Ads di bawah ini!

Jangkauan Iklan yang Luas

Kalau Anda pasang iklan di Google Ads, Google hanya akan menampilkan iklan Anda kepada audiens yang tingkat relevansinya tinggi dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Selain itu, pengguna Google alias orang-orang yang menggunakan Google untuk mencari kebutuhannya, ada sebanyak lebih dari 3,5 milyar, jadi, jangkauan Google yang luas banget bisa bikin iklan Anda menaikkan penjualan.

Mau iklan apapun, omzet belum nambah?

Ayo, rubah itu semua dengan Ginee Ads! Urus semua iklan di berbagai platform sekaligus, gak perlu ribet lagi!

Target Iklan yang Relevan

Ketika Anda berjualan, pasti Anda sudah tahu, dong, siapa saja yang menjadi target pasar Anda. Google Ads menyediakan dua jenis penargetan yang mampu menjangkau audiens Anda, yaitu Keyword Targeting dan Demographic Targeting.

Pembayaran Per Klik

Keuntungan lainnya adalah Anda hanya perlu membayar kalau ada orang yang mengklik iklan Anda. Semakin banyak orang yang mengklik iklan Anda, maka semakin besar pula harga yang Anda harus bayarkan. Eits, gak usah khawatir. Meskipun Anda harus membayar lebih, tapi hasil yang Anda dapatkan bagi keuntungan bisnis Anda juga besar banget, kok.

Mampu Menaikkan Omzet

Tujuan para pegiat bisnis beriklan adalah tentu saja untuk menaikkan penjualan dan menambah omzet. Dengan relevansi target audiens yang tepat dari Google Ads, maka Anda bisa dengan mudah mendapatkan omzet yang berlipat ganda, karena kemungkinan orang membeli produk yang Anda tawarkan akan semakin banyak.

Reputasi Bisnis yang Meningkat

Dengan optimasi SEO yang mumpuni, Anda bisa menaikkan reputasi bisnis Anda juga, lho, melalui Google Ads. Kalau optimasi SEO dari bisnis Anda sudah oke, maka produk yang Anda jual pun akan dengan mudah terdeteksi dalam indeks pencarian Google.

Ginee Ads

Beriklan di platform digital seperti Google Ads sangatlah menjanjikan bagi kelangsungan bisnis Anda. Mau performa iklan Anda meningkat? Gampang! Gunakan fasilitas pemasaran digital berbasis AI dari Ginee Ads biar iklan yang Anda pasang di Google Ads manjur bikin omzet nambah terus!

Dengan pemantauan kampanye secara real time dan laporan kinerja yang cerdas, Ginee Ads mampu memberikan Anda kinerja iklan yang lebih efektif. Yuk, hubungi Ginee Ads sekarang dan rasakan mudahnya beriklan! 

Banyak beriklan di mana-mana malah pusing sendiri?

Aman, Ginee Ads solusinya! Kamu bisa atur iklan di Facebook, Instagram, Google, marketplace Ads, dan lainnya sama Ginee. Lebih efisien, bisa nentuin strategi iklan yang baik, gak ribet!