Setiap hari, iklan di web menjadi semakin kuat dan bertambah, baik menurut jenisnya maupun menurut jenisnya. Sebagai pemilik atau sponsor iklan, Anda perlu tahu banyak tentang iklan yang Anda gunakan, seperti Blogger dan WordPress. Ada banyak istilah dalam periklanan seperti CPP Facebook, dan beberapa di antaranya dijelaskan pada artikel ini. Oleh karena itu, simak terus artikel ini, ya.

Apa Arti CPP dalam Facebook Ads?

Apa arti CPP di FB? CPP adalah singkatan dari Cost Per Purchase. Arti CPP di Facebook adalah kondisi di mana pengiklan akan membeli sebuah ruang iklan, biaya yang ditentukan adalah biaya yang digunakan untuk menjangkau audiens. Banyak ahli mengatakan bahwa biaya penjualan dari iklan CPP jauh lebih rendah bila perusahaan memilih media online yang ditujukan untuk menjangkau target audiensnya.

Mau iklan apapun, omzet belum nambah?

Ayo, rubah itu semua dengan Ginee Ads! Urus semua iklan di berbagai platform sekaligus, gak perlu ribet lagi!

Bahkan jika Anda menjual secara lokal, Anda tidak dapat benar-benar menjelaskan keadaan proses pencapaian tujuan aktual yang  terjadi pada saat penjualan, tetapi sangat penting  untuk menghitung CPP-nya. Misalkan, Anda ingin memasang iklan senilai 1 juta rupiah. Kemudian ada 100 transaksi. Dalam hal ini, biaya per pembelian bisnis adalah Rp1 juta / 100 = Rp10.000. 

Jika Anda menjual ke luar negeri atau menargetkan konsumen yang terbiasa berdagang di situs web Anda, Anda dapat dengan mudah memantau CPP ini dari dashboard Facebook Anda untuk melihat apakah iklan Anda bagus atau tidak.

Apa Bedanya Dengan CPS, CTR, CPM, dan CPC?

Memahami pentingnya periklanan dirancang untuk membantu calon penerbit, terutama blogger, memilih model periklanan yang tepat untuk dipasang di blog atau situs web tertentu. Ada beberapa istilah data iklan yang wajib kamu ketahui, jika Anda ingin menguasai dunia iklan, berikut istilahnya:

CPS (Cost Per Sale)

Apa arti CPS di FB? CPS adalah singkatan dari harga pokok penjualan. Ini bisa disebut afiliasi. Mereka membagi keuntungan dari penjualan yang dilakukan dari blog/web referensi anda. Menurut mereka, pengunjung membeli item yang berasal dari iklan Anda dan Anda menerima komisi untuk itu. 

Rata-rata banyak jenis iklan CPS  yang membawa biaya tertinggi, tetapi tentu saja itu juga yang paling menuntut, karena tidak semua pengunjung yang mengunjungi mereka membeli. Misalnya di tingkat internasional ini Amazon, eBay, dll, dan di tingkat lokal, Lazada, PegiPegi, dll. 

Ada beberapa jaringan iklan yang menawarkan CPS ini, tetapi BPO menyarankan Anda untuk mengikuti bisnis afiliasi secara langsung, seperti pada contoh di atas, daripada mengikuti CPS.

Baca juga: 5 Alasan Menggunakan Facebook Ads untuk Bisnis Apa Aja, ya?

CTR (Click Through Ratio)

CTR adalah ukuran rasio tayangan terhadap klik. Katakanlah iklan Anda dilihat 1000 kali dengan 10 klik. Ini berarti CTR Anda adalah 10/1000 = 1%. Semakin tinggi CTR Anda, semakin banyak klik yang akan diperoleh iklan Anda. 

Click here artinya klik yang berisi link  menuju  landing page/website. Jika Anda memiliki CTR  tinggi, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkan banyak klik. Namun, perlu diingat bahwa banyak klik tidak selalu tepat. Klik berkualitas tinggi. Dengan kata lain, itu adalah klik yang dapat mengubah situs web Anda menjadi mesin kasir dolar/rupiah.

Stop boros beriklan sekarang!

Start pakai Ginee Ads biar iklanmu efektif dan penjualan meningkat! Ginee Ads serba bisa, kok, seputar iklan digital!

CPM (Cost Per Mile)

Pada dasarnya, jangkauan adalah parameter penting untuk kinerja iklan Anda. Bahkan dengan anggaran yang sama, sedikit penyesuaian pada kualitas iklan dapat membuat perbedaan besar dalam jangkauan. 

Reach/jangkauan sebenarnya berbanding lurus dengan tayangan. Semakin tinggi tayangan iklan Anda, semakin tinggi jangkauan Anda. Ingatlah untuk mengatakan “umumnya” di sini, karena ada kasus khusus yang tidak berlaku untuk apa yang saya katakan. 

Nah, tayangan diukur dengan parameter yang disebut BPS. Ini mewakili biaya yang dikeluarkan untuk setiap 1000 tayangan. Tayangan adalah ukuran “visibilitas” sebuah iklan. Contoh: Jika iklan yang sama ditampilkan kepada pengguna yang sama sebanyak  10 kali, berarti 10 tayangan. Per tampilan = 1 tayangan. 

Baca juga: Panduan FB Ads untuk Pemula dan Solusi Mudah Beriklan

Misalkan CPM adalah $180.000. Artinya menurut FB, dibutuhkan 180.000 rupiah untuk mencapai 1000 impresi. Untuk set iklan lainnya, CPM akan menjadi 90.000. Jadi Anda cukup merogoh kocek 90.000 untuk mendapatkan 1000 impresi. Jadi jika sebuah iklan mendapat anggaran yang sama, katakanlah 180.000, iklan pertama hanya bisa mendapatkan 1000 tayangan, sedangkan iklan kedua bisa mendapatkan 2000 tayangan.

CPC (Cost Per Click)

CPC link adalah biaya setiap klik pada tautan. Ini sebenarnya adalah parameter turunan. Namun, ada baiknya  juga untuk memantau angka CPC ini untuk melihat apakah ada sesuatu yang terjadi dengan iklan Anda. Peningkatan jumlah CPC berarti penurunan CTR. Misalnya CPC untuk iklan pada hari ke-1 adalah Rp. Itu 1000, tapi sudah Rp  pada hari ke 10. Ada 2000 CPC.

Jika anggaran Anda sama, berarti CTR Anda akan turun 100% atau jangkauan/tayangan Anda akan turun. Jika memantau jumlah CPC dari link, ini memberi Anda gambaran singkat tentang bagaimana peristiwa Anda dianalisis dalam CPM dan CTR iklan Anda. Jika naik berarti sinyalnya buruk, dan jika turun berarti sinyalnya bagus.

Keluar budget Ads, olshop gak dilirik?

Sayang banget! Mending sama Ginee Ads, bisa beriklan di manapun, ngurusnya easy, dijamin ada laporannya!

Itulah 4 istilah data iklan yang biasanya harus diketahui. Setelah mengetahui arti CPP dan CPW. Anda juga perlu mencari tahu apa itu PPCP di FB. Dengan mengetahui istilah-istilah ini, Anda dapat lebih memahami cara kerja dari Facebook Ads lebih dalam lagi.

Apa Kegunaan Mengetahui Data Facebook Ads Seperti CPP dan Lainnya?

Seperti yang dijelaskan di atas istilah iklan tersebut merupakan sebuah parameter, pengiklan dapat menganalisa iklannya berdasarkan parameter tersebut. Gunanya dalam Facebook Ads adalah untuk memudahkan pengiklan untuk dapat membaca, karena data CPP dan lainnya telah disediakan oleh Facebook Ads pada dashboard Facebook sendiri.

Bila Anda telah mengerti parameter yang dijelaskan di atas, maka akan sangat mudah bagi Anda untuk membaca data yang diberikan pada dashboard Facebook. Anda dapat menganalisa mana iklan yang paling berhasil dan tidak. Dari hasil analisis tersebut pula, Anda dapat memilah mana iklan dengan sistem parameter yang paling cocok. Dengan begitu iklan Anda dapat lebih efektif dan anggaran iklan pun aman.

Kesimpulan

Bagaimana sudah paham dengan istilah-istilah iklan yang ada di Facebook Ads? Dengan 4 parameter yang sudah dijelaskan di atas saja Anda dapat menganalisa iklan Anda. Jadi setiap Anda membuka dashboard, Anda dapat melakukan penilaian secara cepat serta akurat mengenai performa iklan-iklan Anda. 

Selain tersedianya data tersebut, Anda juga dituntut untuk cermat dalam menganalisanya, sehingga Anda dapat membuat keputusan besar yang dapat menambah income masuk, lho! Sekian pembahasan kali ini dan selamat beriklan.

Ginee Ads Berikan Solusi Iklan Facebook Berhasil

Anda telah beriklan di Facebook Ads, tapi masih merasa bahwa iklan Anda belum berhasil? Meski telah tahu cara hitung CPP dan istilah Facebook lainnya, tapi masih gak paham juga? Anda bisa konsul dengan Ginee Ads mulai sekarang! Ginee Ads akan menyediakan performa iklan akurat, menentukan target audience yang sesuai, dan mengontrol budget iklan Anda. Yuk, konsultasi dengan Ginee Ads!

Banyak beriklan di mana-mana malah pusing sendiri?

Aman, Ginee Ads solusinya! Kamu bisa atur iklan di Facebook, Instagram, Google, marketplace Ads, dan lainnya cuma sama Ginee. Lebih efisien, bisa nentuin strategi beriklan yang baik, dan gak ribet!